Pages

Selasa, 05 November 2013

Demam Berdarah Dengue (DBD)


Demam berdarah dengue adalah penyakit akut yang disebabkan oleh infeksi virus yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus betina. Nyamuk tersebut pada umumnya menyerang pada musim panas dan musim hujan. Nyamuk Aedes aegypti mempunyai bintik-bintik putih di tubuh dan kakinya sehingga mudah dikenali. Nyamuk ini berkembang biak di air yang jernih dan hanya mampu terbang sejauh 100-200 meter.


Kebanyakan nyamuk Aedes aegypti hidup di dalam rumah, di kloset, dan di tempat-tempat yang gelap.
Di luar rumah, nyamuk tersebut hidup di tempat yang dingin dan terlindung matahari. Nyamuk betina akan bertelur di dalam air yang tergenang di dalam dan di sekitar rumah. Telur-telur ini akan berkembang menjadi larva dan kemudian berubah menjadi bentuk dewasa dalam waktu kurang lebih 8-10 hari.



Keterangan :
1. Nyamuk betina dewasa bertelur
2. Dalam waktu 1-2 hari, telur akan menetas dan menjadi larva
3. Lima hari kemudian larva berkembang menjadi pupa
4. Nyamuk dewasa keluar setelah 2 hari berada di dalam pupa

Karena nyamuk dengue berkembang biak dalam air yang tergenang dan terbuka, maka tempat yang cocok untuk berkembang biak adalah tong, drum, pot, baskom, ember, vas bunga, batang atau daun tanaman, bekas piring, tangki, botol buangan, kaleng, ban bekas, dan air pendingin.

Nyamuk dengue menggigit manusia pada pagi sampai sore hari, biasanya pukul 08.00-12.00 dan 15.00-17.00. Nyamuk mendapatkan virus dengue setelah menggigit orang yang terinfeksi virus dengue. Virus dengue termasuk famili Flaviviridae, yang berukuran sangat kecil (35-45 nm). Virus ini dapat tetap hidup (survive) di alam lewat dua mekanisme

1. Mekanisme Pertama
Transmisi vertikal dalam tubuh nyamuk. Virus dapat ditularkan oleh nyamuk betina pada telurnya, yang nantinya akan menjadi nyamuk. Virus juga dapat ditularkan dari nyamuk jantan ke nyamuk betina melalui kontak seksual.

2. Mekanisme Kedua
Transmisi virus dari nyamuk ke dalam tubuh makhluk vertebrata dan sebaliknya. Yang dimaksud dengan makhluk vertebrata disini adalah manusia dan kelompok kera tertentu.
Virus yang sampai ke dalam lambung nyamuk akan mengalami replikasi (memecah diri dan berkembang biak), kemudian akan bermigrasi dan akhirnya sampai di kelenjar ludah. Empat hari kemudian virus akan mereplikasi dirinya secara cepat. Apabila jumlahnya sudah cukup, virus akan memasuki sirkulasi darah dan saat itulah manusia yang terinfeksi akan mengalami gejala panas. Reaksi tubuh manusia terhadap virus ini berbeda-beda. Perbedaan reaksi ini juga akan mewujudkan perbedaan penampilan gejala klinis dan perjalanan penyakit.

Bentuk reaksi tubuh manusia terhadap keberadaan virus dengue sebagai berikut :

  1. Terjadi netralisasi virus, disusul dengan mengendapnya bentuk netralisasi virus pada pembuluh darah kecil di kulit berupa gejala ruam (bercak merah kecil)
  2. Terjadi gangguan fungsi pembekuan darah sebagai akibat dari penurunan jumlah dan kualitas komponen-komponen beku darah yang menimbulkan perdarahan.
  3. Terjadi kebocoran pada pembuluh darah yang mengakibatkan keluarnya komponen plasma (cairan) darah dari dalam pembuluh darah menuju ke rongga perut berupa gejalaascites (adanya cairan dalam rongga perut) dan cairan di rongga selaput paru berupa gejala efusi pleura (adanya cairan di rongga selaput paru).
Jika tubuh manusia hanya memberi reaksi pertama dan kedua, orang itu dikatakan menderita demam dengue. Sementara itu, jika ketiga reaksi terjadi, berarti orang itu mengalami demam berdarah dengue (DBD).

Virus dengue menyebabkan gangguan pembuluh darah kapiler dan pada sistem pembekuan darah, sehingga mengakibatkan perdarahan. Jika terjadi perdarahan yang tampak dari luar, bagian tubuh yang umumnya mengalami perdarahan adalah di rongga hidung dan gusi atau kulit. Perdarahan juga terjadi di bagian dalam tubuh yang tidak tampak dari luar. Jika pasien mengeluarkan muntah hitam seperti kopi dan juga tinja berwarna hitam, menandakan adanya perdarahan yang serius pada organ pencernaan. Tidak jarang penderita demam berdarah juga mengalami shock atau sering disebut dengan dengue shock syndrome.

Untuk mewaspadai apakah suatu gejala demam disebabkan oleh virus dengue atau tidak, perlu diketahui tanda-tandanya. Perlu dibedakan gejala demam dengue (dengue fever syndrome) dengan DBD. Demam dengue dapat terjadi tanpa atau dengan perdarahan yang tidak biasa. Sedangkan DBD dibedakan berdasarkan DBD dengan shock (dengue shock syndrome) dan DBD tanpa shock.

Seseorang yang terinfeksi virus dengue dapat menunjukkan gejala seperti terinfeksi virus lainnya atau bahkan tanpa gejala. Pada anak-anak, sering ditemukan gejala demam tinggi secara mendadak ditandai dengan wajah yang kemerahan disertai dengan nafsu makan turun, mual, muntah, sakit kepala, serta nyeri otot dan persendian. Demam pada umumnya di atas 39 derajat Celcius yang bertahan selama 2-7 hari, bahkan bisa mencapai 40-41 derajat Celcius yang disertai kejang, khususnya pada bayi.

Tanda-tanda infeksi virus dengue secara umum sebagai berikut :

1. Bintik Merah
Seringkali di awal demam, tidak ada bintik merah. Ada beberapa kasus juga yang memang tanpa bintik merah.

2. Panas Tinggi
Panas bisa turun naik, bisa juga tidak turun sama sekali sepanjang hari.

3. Menggigil dan terasa ngilu tulang
Perasaan dingin di sekujur tubuh dan ada titik tertentu di tubuh terasa ngilu menusuk tulang.

4. Buang Air Besar berwarna hitam dan keras
Gejala ini terlihat jika trombosit sudah mulai rendah

5. Trombosit mulai turun
Kadar trombosit bisa diketahui dengan tes darah di laboratorium.

6. Sakit saat mata memandang ke samping
Beberapa teman mengalami ini, terasa sakit jika melirik ke samping kiri dan kanan.

7. Tengkuk sakit
Terkadang juga, terjadi pembengkakan di tengkuk dan terasa sakit

Pengobatan Herbal Demam Berdarah Dengue
Untuk masa penyembuhan dan memperkuat daya tahan saat terserang demam berdarah yaitu :
Bahan-Bahan :
- 1 buah kelapa muda
- 1 buah jeruk nipis
Cara Pemakaian :
- Kelapa muda di ambil airnya
- Kemudian campur air kelapa muda dengan perasan air jeruk nipis
- Aduk lalu minum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar